Tips Memilih dan Menjaga Kualitas Frozen Food

Makanan beku atau frozen food memang merupakan salah satu makanan siap saji yang cukup praktis dan dapat dilakukan oleh semua orang. Karena praktis dan mudah makanan jenis ini sering dipilih ibu-ibu sebagai makanan yang sering disediakan dirumah. Atau sering juga warung makan dan rumah makan yang menyajikan menu ini sebagai salah satu pelengkap lauknya.

Nah, bagi Anda yang termasuk salah satu dari yang telah disebutkan diatas, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilih dan menjaga makanan jenis ini, agar keluarga atau konsumen Anda aman dalam menkonsumsi makanan ini.

Frozen food cenderung sudah melalui proses pembekuan terlebih dahulu. Untuk itu makanan ini harus terus berada dalam suhu tertentu untuk menjaga agar aman dari bakteri dan tidak cepat membusuk. Anda harus memperhatikan dari mulai pemilihan produk, pembelian sampai produk tersebut masuk ke dalam lemari pendingin/ kulkas. Berikut adalah sedikit ulasan mengenai tips memilih dan menjaga kualitas frozen food.

Tips Membeli Frozen Food

  • Lihat betul siapa produsen yang memproduksi produk frozen food.
  • Perhatikan tanggal kadaluarsa pada kemasan makanan, pastikan Anda membeli makanan yang masih panjang masa pakainya.
  • Lihat bentuk dan warna termasuk kemasannya, apakah masih dalam keadaan baik (kelihatan tidak rusak) misalnya: berair, berlendir, atau kemasannya rusak / sobek.
  • Belilah produk tersebut disaat terakhir anda berbelanja, sehingga ketika sampai dirumah produk tersebut masih dalam keadaan baik / beku. Agar mutu produk tersebut masih tetap terjaga.

Tips Menyimpan frozen food

  • Sedapat mungkin pisahkan pembekuan bahan makanan mentah dengan makanan matang.
  • Jangan mengisi lemari pendingin terlalu penuh, karena akan menyebabkan beban terlalu berat sehingga suhu yang diinginkan tidak segera tercapai.
  • Jika produk tersebut tidak habis sekali pakai, bungkus kembali produk tersebut dalam kantong plastik dan segera simpan dalam lemari pembeku / freezer.
  • Jaga suhu pendingin sekitar (-4ºC) dan suhu pembekuan sekitar (-18ºC).
  • Wadah untuk pembekuan dapat berupa kantong plastik, kotak plastik atau kertas selofan. Wadah harus kedap udara agar tidak terjadi oksidasi bahan selama penyimpanan.
  • Bersihkan lemari pendingin / kulkas secara berkala

Tips Mengolah Frozen Food

  • Ambil produk frozen food tersebut secukupnya.
  • Cairkan bahan makanan beku tersebut didalam bagian pendingin dilemari es (yang terletak dibawah freezer) beberapa jam sebelum dimasak. Jangan membekukan kembali bahan makanan yang sudah dicairkan kecuali sudah dimasak.
  • Gunakan minyak untuk menggoreng yang baru, jangan menggunakan minyak goreng yang bekas pakai menggoreng masakan lain.

Pilih makanan beku yang masih dalam kondisi baik. Jika mungkin, pilih produk makanan beku yang berasal dari produk lokal sehingga kesegaran produk lebih aman daripada makanan impor yang telah melalui sebuah proses yang panjang.

shareSeriale online

About these ads
This entry was posted in Bakso Ikan, Kaki Naga, Nugget Ikan, Produk Frozen Seafood, Siomay Ikan, Tempura Udang and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s